Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Selasa, 24 November 2009

Tips Mengolah Daging Kambing

Sebentar lagi kita akan menghadapi hari raya idul kurban. Selain berbagai hikmah dan keutamaan lainnya., bagi umat muslim hari raya kurban adalah sebuah kesempatan untuk melakukan "perbaikan nutrisi secara massal".

Paling tidak setahun sekali terjadi sebuah distribusi daging kambing dan sapi.

Namun tidak semua dari kita dapat memasak daging kambing sesuai yang diharapkan. Alih-alih menikmati hidangan lezat, hasil masakan daging kambing malah jadi alot dan berbau prengus.

Jika tidak tahu cara memasaknya, maka jangan heran akan membutuhkan waktu yang lama untuk memasak daging kambing. Kalau sudah begini dipastikan bisa memboroskan waktu dan bahan bakar Anda. Daging yang keras juga sangat tidak enak dan nyaman untuk dimakan.

Memasak daging kambing memang tidak semudah daging sapi atau daging lainnya. Penyebabnya ada dua : daging kambing punya bau prengus yang tajam. Ini yang sering membuat orang kehilangan selera. Kedua, pada dasarnya daging kambing memang alot atau keras.

Nah, berkaitan dengan di atas, berikut ini beberapa cara mengatasi keduanya :

 

Mengatasi bau prengus :

Prinsip pertama : jangan mencuci daging kambing. Pencucian malah membuat aroma prengus makin terasa. Lumuri saja dengan air jeruk limau atau air jeruk nipis. Biarkan sebentar.

Cara lainnya, masaklah dengan berbagai bumbu dan rempah.

 

Mengatasi daging liat atau alot :

Sebelum dimasak, daging sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Potongan yang lebih kecil membuat daging akan jadi cepat empuk.

Kalau ingin dibuat sate, rendam kambing dalam campuran bumbu yang diberi sedikit baking powder.

Selain baking powder, daging kambing bisa diempukkan juga dengan bubuk papain yang dijual dalam kemasan botol plastik.

Daging kambing juga bisa diempukkan dengan cara dibungkus parutan nanas atau daun papaya. Simpan daging yang sudah dibungkus ini di dalam lemari es dalam wadah tertutup.

Ada juga yang menggunakan cara lain, agar daging kambing empuk, biasanya ibu-ibu meletakkan sendok ke dalam masakan daging.

Teknik yang paling sederhana, agar daging cukup lunak saat siap dinikmati, maka usahakan mengolahnya dalam masakan yang proses memasaknya memang lama. Misalnya, gulai.

Kalua ingi diolah sebentar, buat masakan yang dibuat dari daging giling, bukan daging utuh, sehingga saat matang daging sudah empuk.

 

Diadaptasi dari vivanews.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar