Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Jumat, 27 November 2009

Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi sangat riskan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya. Banyak masalah yang timbul akibat kesensitifannya. Namun perawatan yang tepat akan mengatasinya.

 

  1. Biang Keringat

 

Muncul dengan warna agak kemerahan berupa buntalan bintik-bintik merah terutama di bagian garis leher, punggung, dada, di bawah lengan, daerah sekitar popok dan lipatan-lipatan kulit. Tanda-tanda biang keringat adalah kulit terasa gatal, tidak enak dan anak selalu gelisah.

 

Biang keringat diakibatkan kelenjar keringat tersumbat di bawah jaringan kulit epidermis, sementara cuaca sekitarnya panas dan lembab. Anda dapat mengantisipasinya dengan membawa bayi keluar dari tempat yang panas ke tempat yang lebih sejuk dan kering.

 

Mandikan bayi dengan air sejuk atau suam-suam kuku minimal 2 kali sehari. Hindarkan kegiatan yang bisa membuat tubuhnya banyak keringat. Kenakan pakaian dari bahan katun. Sesudah mandi beri bedak pada sekujur tubuh bayi terutama di bagian lipatan-lipatan kulit. Bila memungkinkan tidurkan anak pada ruangan ber-AC atau ruangan sejuk.

 

  1. Ketombe

 

Ketombe keluar akibat kulit mati yang keras mengelupas. Di kepala, rambut akan menahan sel mati ini sehingga tertimbun. Timbunan inilah yang disebut ketombe. Tidak berbahaya namun perlu perawatan.

 

Hilangkan dengan cara mengeramasi kepala bayi dengan shampo. Oleskan minyak zaitun sambil digosok-gosokkan agar kulit kepala mati terkelupas dengan mudah. Gunakan sikat berbulu halus untuk membantu membersihkannya.

 

Jangan gunakan shampo anti ketombe lebih dari sekali tiap dua minggu. Hindarkan pula pemakaian shampo yang mengandung selenium. Sebainya cucilah rambut dua hari sekali dengan shampo bayi.

 

Bila ketombe muncul di bagian lain seperti bulu mata, ini mungkin gejala eksim seboroik yang disebut blefaritis. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengobatinya.

 

  1. Ruam Kemerahan

 

Ruam kemerahan muncul karena banyak hal terutama di bagian tubuh yang mengandung kelenjar seperti daerah lipatan, wajah, leher, bahu, belakang lutut dan sela paha. Berwarna kemerah-merahan dan pada bayi bisa diakibatkan popok yang dipakai.

 

Gantikan popok bayi sesering mungkin dengan segera. Bersihkan bagian yang tertutupi popok tersebut. Biarkan pantat bayi terbuka untuk memberikan udara segar pada kulit. Oleskan krem yang mengandung zinc oksida untuk menghilangkan rasa gatal dan sakit.

 

Usahakan kulit tetap kering dan bersih. Jangan memakai pakaian yang terlalu tebal atau terbuat dari plastik. Buka pakaian bayi dan mandikan dengan air hangat sambil ditepuk-tepuk badannya hingga kering untuk menghilangkan kelembaban. Biarkan sisanya menguap agar kulit tetap kering.

 

  1. Jerawat

 

Bisa jadi bayi yang baru lahir berjerawat. Ini diakibatkan pengaruh hormon dari ibunya. Jerawat akan muncul pada saat bayi berusia 2-4 minggu. Anda tidak perlu sibuk menghilangkannya karena tanda-tanda ini akan hilang dengan sendirinya. Jangan memberi obat anti jerawat di kulitnya karena justru akan membuat iritasi.

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar