Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Minggu, 29 November 2009

10 Mitos Seputar Bayi

  1. Bayi Dijemur Pagi Hari

Anggapan bahwa bayi harus dijemur pada pagi hari tidaklah sepenuhnya benar. Bayi yang dijemur hanyalah untuk menghangatkan saja. Tidak perlu lama menjemurnya, cukup kurang dari 15 menit, di bawah pukul 8 pagi.
Bayi yang lahir berwarna kuning (bilirubin) dianjurkan untuk dijemur karena sinar matahari dapat menguraikan bilirubin menjadi senyawa yang larut dalam air dan keluar sebagai urin.

 

  1. Air Dingin Membuat Bayi Kuat

Tidak benar kalau air dingin bisa membuat bayi lebih kuat. Bayi justru rentan terhadap suhu dingin. Air dingin bisa membuat pembakaran dan metabolisme pada tubuh bayi meningkat sehingga makanan yang terdapat dalam tubuh akan habis untuk mengatur suhu tubuh.

Bayi akan kehabisan tenaga dan membuatnya sakit. Sebaiknya Anda memandikan dengan air bersuhu hangat. Angkat sebelum ia kedinginan. Usahakan anak hangat dalam balutan handuk lembut.

 

  1. Beri Susu Botol Saat Bayi Tidur

Sebaiknya jangan terlalu sering beri susu botol saat bayi tertidur. Bayi yang tidur sambil minum susu botol akan terganggu perkembangan giginya. Bayi juga mudah terkena infeksi telinga karena susu yang diminum dapat masuk ke saluran eustachius yang merupakan penghubung antara tenggorokan bagian belakang dengan telinga bagian belakang.

Endapan susu akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Sebaiknya sesudah selesai minum susu, biarkan ia tidur tanpa harus memakai dot atau botol susu.

 

  1. Selalu Mengeluarkan Air Liur

Hal yang wajar karena anak sejak bayi hingga usia 4 tahun masih aktif memproduksi air liur. Namun bila air liur berlebihan, kemungkinan terjadi peradangan atau infeksi di rongga mulut. Air liur juga bisa menjadi tanda tumbuh gigi. Jangan berburuk sangka dengan anggapan jika anak ileran diakibatkan karena semasa ngidam Anda tidak berhasil memenuhinya. Itu hanya sekedar mitos belaka.

 

  1. Sesudah Makan Harus Gumoh

Gumoh muncul karena bayi sudah merasa kenyang. Ia akan mengeluarkan sebagian makanan dari mulut berupa cairan berwarna putih mirip seperti muntah. Gumoh juga bisa keluar kalau anak memakai gurita terlalu kencang atau Anda salah memposisikan anak saat sedang diberi makan seperti posisi terlentang. Posisi yang dianjurkan saat anak makan adalah dengan duduk bersandar dan tidak terlalu tegak.

 

  1. Boleh Ngompol

Ngompol jika masih bayi masih wajar karena anak masih belum bisa mengontrol keluarnya air seni. Namun setelah anak berusia 2 tahun, ia harus mulai belajar untuk mengontrol kandung kemihnya. Bila diatas 2 tahun anak masih ngompol, kemungkinan ia punya masalah emosional atau biologis.

Masalah emosional seperti rasa ketakutan, kurangnya perhatian atau masalah yang sebelumnya sedang ia hadapi. Tugas Anda melatih anak dengan toilet training sejak usia 18 bulan. Jangan beri air minum dan bawa anak buang air kecil sebelum ia beranjak tidur.

 

  1. Wajar Anak Ngempeng

Mengisap jempol atau dot wajar bila dilakukan anak usia 3 bulan hingga 2 tahun karena ia masih dalam masa menyusui baik ASI maupun botol. Namun bila sesudahnya anak masih suka ngempeng kemungkinan besar anak mengalami gangguan psikologis. Misal anak yang kurang percaya diri, pemalu, pendiam, kurang perhatian atau merasa tidak aman. Anak yang lapar, ketakutan dan mengantuk juga akan suka mengisap jempol atau dot. Alihkan perhatiannya pada aktivitas yang lebih menghibur.

 

  1. Sehat Bila Anak Berkeringat

Anggapan yang salah karena keringat yang keluar secara berlebih bisa jadi karena anak tidak sehat. Keluarnya keringat banyak penyebabnya, misalnya stres, fungsi kelenjar gondok yang berlebihan, rendahnya kadar gula, berat badan yang berlebih atau karena faktor keturunan. Anak yang aktivitasnya berlebih juga akan mengeluarkan banyak keringat, jadi sebaiknya Anda waspada terhadap keringat.

 

  1. Vitamin Penting Buat Anak

Memberi vitamin pada anak harus sesuai kebutuhan. Jangan terlalu banyak karena vitamin sangat bermanfaat bila anak benar-benar membutuhkan, seperti vitamin untuk meningkatkan nafsu makan, vitamin untuk pemenuhan zat besi karena anak kekurangan zat pembentuk darah atau anemia. Anak yang mengkonsumsi vitamin A karena anak mengalami gangguan pada penglihatan atau Anda ingin membuat cemerlang mata anak.

 

  1. Anak Hanya Boleh Digendong

Tidak selalu benar jika bayi sudah bisa mengangkat kepala dan mengontrol otot-ototnya yaitu sekitar 4 bulan. Anda bisa melambung-lambungkan di atas kepala. Anda juga bisa mengangkat tinggi-tinggi sambil bercanda atau mensusukkannya di bahu dan di atas lutut sambil diayun-ayunkan. Cara ini bisa melatih anak mengontrol emosinya dengan baik.

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar