Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Jumat, 17 Juli 2009

Google vs Microsoft dalam pertarungan Search Engine, Olah Dokumen, Komunikasi, Email, Internet Mesenger, Aplikasi Mobile dan Operating System



Dalam hal pencarian di dunia maya atau sebagai mesin pencari informasi online: Google sudah pasti pemenangnya. Kata ‘PENCARIAN’ adalah milik Google dan kata “WINDOWS” adalah milik Microsoft. Google mendominasi habis-habisan peluang market PENCARIAN, sementara itu Microsoft gagal membeli Yahoo yang tadinya akan digunakan sebagai search engine resmi Microsoft.


Jika ingin berkompetisi di pasar PENCARIAN, Microsoft mesti banyak melakukan perubahan drastis. Kini Microsoft telah melakukannya dengan meluncurkan BING yang konon mendapat perhatian baik dan review positif dari para netter dan telah mendapat perhatian Google. Tapi, mungkinkah kelak BING mampu menyaingi dominasi Google?

Sementara itu dalam hal olah dokumen, Microsoft Office yang terdiri dari Word, Powerpoint, dan Excel telah memimpin dunia selama bertahun-tahun dan jamak digunakan di seluruh dunia, mudah dikenali, dan kaya akan fitur. Selain itu ada Microsoft Office Live, meski tidak sekolaboratif Google Docs (pengolah dokumen online milik Google), Microsoft Office Live cukup lumayan dan menguntungkan untuk dikoneksikan dengan aplikasi-aplikasi dekstop.

Pada sisi Google, Google Docs baru saja memiliki perkembangan fitur dan pengguna. Google Doc menyediakan tingkat kolaborasi yang tidak ditawarkan dokumen-dokumen Microsof. Tapi, Google Docs tidak banyak memberi pilihan fitur sebanyak Microsoft Office, dan dari sisipengguna, Google Doc belumlah populer. Hal ini karena para pengguna aplikasi office masih memilih dekstop ketimbang web.Dalam pertempuran olah dokumen pemenangnya tentu saja Microsoft.

Jika bicara Komunikasi, Email, dan Internet Mesenger, sementara Google lebih tereferesnikan dengan Gmail, dan bermacam kelengkapannya, Hotmail milik Microsoft masih cukup besar, dan Microsoft Live Messenger masih popular digunakan. Microsoft juga memiliki software popular kainnya semisal Outlook. Selain Microsoft masih memiliki Windows Live Meeting. Google, raksasa pencarian ini telah memiliki sejumlah produk-produk komunikasi yang sangat terkenal; Gmail dan Gtalk. Faktor X-nya yang mungkin perlu diperdebatkan adalah kemunculan platform komunikasi Google Wave yang begitu menarik perhatian pengguna internet, selain itu Google Voice yang ditawarkan Google juga perlu dipertimbangkan. Pada titik ini, Google dan Microsoft bersaing sengit.

Dalam dunia Mobile, Google memilik track baik dengan OS mobilenya; Android yang telah memberikan ruang baru bagi Google di kancah Mobile. Karena memiliki platform aplikasi yang kuat, banyak sekali ponsel keluaran Amrik yang menggunakan OS google ini. Selain itu banyak juga aplikasi yang berjalan dengan baik di ponsel-ponsel, seperti Google Maps dan YouTube. Tahun lalu Windows Mobile masih bisa mendistribusikan produknya hingga puluhan juta dalam rangka guna menyaingi Android. Windows Mobile juga beraplikasi Office, Outlook, dan Windows Media Player. Mungkin dalam jangka panjang nantinya Google-lah yang akan memimpin, tetapi sekarang Microsoft masih yang terdepan. Kesimpulannya dalam perang dunia Mobile Sejauh ini Microsoft unggul, tapi tidak akan bertahan lama.

Bicara Operating System, maka hal itu adalah wilayah empuk Microsoft. Windows merupakan pendulang 60 milyar Dollar Amrik setiap tahunnya, dan Windows bertahan pada puncak keunggulannya untuk sekian lama. Meski kemunculan Windows Vista bisa dikatakan belum maksimal, namun hal tersebut tidak mengurangi dominasi Windows di pasar OS. Sementara itu meski belum kelihatan apa yang dimiliki Google Chrome OS, namun banyak kalangan meprediksikan Google Chrome OS akan menjadi saingan berat Microsoft Windows di masa depan. Kesimpulan? Kita tunggu perang mereka selanjutnya dalam dunia Operating System.
——————-
gambar dari: ww w.radi cal.ie

Dari email : http://masbadar.wordpress.com/

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar