Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Kamis, 21 Mei 2009

Optimalisasi iPhone 3G

Mesti kita maklumi, iPhone menjadi salah satu trend-setter untuk ponsel yang berinterface sentuh. Terbukti setelah iPhone, perangkat PDA berbasis Windows mulai diramaikan oleh produk HTCTouch dengan TouchFLO-nya, hamper semua vendor mapan tak ketinggalan membuat produk berlayar sentuh.

Tak terkecuali Nokia yang melepas Symbian S60 versi terbaru untuk mendukung interface tersebut, bahkan Blackberry yang sudah dikenal sebagai ponsel berkeyboard QWERTY ikut nimbrung di deretan ponsel sentuh lewat produk Storm 9500.

Tapi kehebatan iPhone 3G menyisakan beberapa persoalan. Terutama di sisi manajemen data yang tidak popular untuk pasar Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, megirimkan file musik ke iPhone tidak bisa dilakukan dengan cara mengkopi dan memindahkannya langsung ke ponsel. Apalagi mengirimkan file lagu dari ponsel lain via Bluetooth. Tidak akan bisa! iPhone tidak menyediakan profil OBEX untuk transfer data seperti ini.

Transfer File Musik
1. Siapkan perangkat komputer Anda (termasuk laptop, baik Windows maupun Mac X). Untuk pertama kali ada baiknya Anda terhubung dengan internet. Jika sudah ada iTunes versi 8.0 ke atas, lewati langkah 2.
2. Download dan install iTunes versi 8.0 ke atas di http://www.apple.com/itunes/download Lalu instal. Isi iTunes dengan file musik yang ada di komputer Anda. Lakukan ini melalui File > add file atau add folder to library. Pilih folder musik Anda dan biarkan iTunes memindahkannya untuk Anda.
3. Masih di iTunes. Jika file musik Anda mencapai angka yang melebihi batas kapasitas iPhone (8 dan 16 GB), buat playlist baru. Klik tanda + yang ada di bawah kiri iTunes. Lalu beri nama sesuka Anda. Pindahkan file musik kesukaan Anda sesuai kapasitas Iphone ke dalam playlist baru ini.
4. hubungkan iPhone ke PC dengan kabel yang disediakan. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan di pojok kanan bawah “your device is now connected and ready to use”.
5. kembali ke iTunes. Pastikan iPhone 3G telah terbaca. Pastikan Anda menghapus tanda contreng di ketiga parameter option. Hal ini untuk mencegah hilangnya file karena sinkronisasi yang tidak diinginkan.
6. Atur konfigurasi sesuai kehendak. Lalu masuk ke Music. Contreng Sync Music dan pilih selected playlist. Contreng playlist yang Anda buat tadi, lalu klik Apply yang terletak di sudut kanan bawah ponsel.
7. Setelah selesai, semua file yang ada di playlist tadi akan tersinkronisasi dengan iPhone dan Anda bisa menikmatinya di ponsel Anda. Ketika kita ingin menambah lagu atau menghapus lagu, lakukan ini di playlist iTunes komputer, bukan di iPhone. Lalu lakukan lagi sinkronisasi. Semudah itu.

Download Game dan Aplikasi Gratis untuk iPhone


Salah satu layanan Apple untuk iPone 3G Indonesia adalah application store. Kita bisa mengaksesnya dari ponsel dan komputer. Hanya saja, ada aturan yang harus dipahami.
1. Kita harus memiliki akun iTunes. Cara mendaftarkannya bisa melalui iTunes desktop (komputer) yang terhubung internet. Buka iTunes di komputer, klik iTunes Store, lalu klik ikon Sign In yang terletak di sebelah kanan atas browser. Windows baru akan muncul, pilih Register New Account. Masukkan daftar email pribadi, password dan pertanyaan emergency, klik continue. Nah, di bagian kedua ini agak sedikit kurang popular juga untuk pengguna ponsel Indonesia, karena kita diharuskan mendaftarkan akun kartu kredit yang valid. Masukkan data-data yang sesuai, lalu masukkan nomor ponsel yang digunakan di iPhone pada kolom Phone Number. Klik Continue dan akun Anda akan segera di verifikasi. Akun kartu kredit yang Anda daftarkan, dijamin keamanannya oleh pihak Apple. Namun untuk memastikan keamanan ini, jangan lakukan ini di warnet yang notabene komputernya bisa dipakai oleh siapa saja. Tidak kurang dari 2 menit dengan kecepatan internet standar, akun Anda sudah dapat digunakan.
2. Untuk aplikasi yang berkapasitas kurang dari 10 MB, Anda bisa mendownload langsung dari ponsel via jaringan HSDPA (3G atau GSM). Bila lebih dari 10 MB, system akan menyarankan kita menggunakan jaringan WiFi. Lakukan ini dengan masuk ke menu Apps Store. Alternatifnya, untuk yang lebih dari 10 MB, kita bisa gunakan iTunes desktop (komputer). Klik iTunes Store, lalu klik Sign In. Secara otomatis Apple akan mengarahkan Anda ke Application Store yang sudah bisa diakses pengguna Indonesia. Pilih salah satu game dan aplikasi gratisan, semisal Time Crysis Lite yang berkapasitas 16 MB. Klik pada ikon game gratis ini, lalu klik get apps. ITunes akan melakukan download. Jika sudah terdownload, hubungkan iPhone kembali ke computer, lalu klik ikon iPhone 3G dan pilih halaman application. Lakukan sinkronisasi terhadap semua aplikasi yang ada. Klik ikon Sync yang ada di bagian bawah kanan iTunes. Selesai

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar