Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Minggu, 10 Januari 2010

Jenis Gangguan Tidur

SELAIN narkolepsi atau serangan tidur mendadak, ada berbagai jenis gangguan tidur lainnya. Anda patut waspada jika gejala-gejala pada gangguan tersebut mulai muncul.

Somnambulisme

Adalah suatu keadaan perubahan kesadaran, fenomena tidur bangun terjadi pada saat bersamaan. Sewaktu tidur, penderita kadang melakukan aktivitas motorik yang biasa dilakukan seperti berjalan, berpakaian atau pergi ke kamar mandi, berbicara, menjerit, bahkan mengendarai mobil. Akhir kegiatan tersebut kadang penderita terjaga, kemudian sejenak kebingungan dan tertidur kembali. Ia tidak ingat kejadian tersebut.


Night terror

Biasanya terjadi pada sepertiga awal tidur, dengan gejala tiba-tiba bangun dengan teriakan, kepanikan atau menangis disertai ketakutan dan kecemasan. Penderita kadang terjaga, tetapi mengalami kebingungan dan disorientasi. Pada saat serangan, sulit dibangunkan atau ditenangkan.

Sedangkan nightmare adalah tidur dengan mimpi yang menakutkan. Akibat mimpinya yang menakutkan itu penderita akan terbangun dalam keadaan ketakutan. Mereka yang sering mengalami episode nightmare dalam hidupnya mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalami gangguan skizofrenia, namun juga mereka ini adalah orang yang kreatif dan artistik.

Insomnia

Yaitu kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Keadaan ini adalah keluhan tidur yang paling sering dapat bersifat sementara maupun persisten. Periode singkat insomnia paling sering berhubungan dengan kecemasan, baik yang berhubungan dengan pengalaman yang mencemaskan atau dalam menghadapi suatu pengalaman yang menimbulkan kecemasan.

Mudah tertidur (Hipersomnia)

Gangguan akibat tidur yang berlebihan disebut hipersomnia. Yang termasuk kelompok ini antara lain sleep apnea, narkolepsi, nocturnal myoclonus, OSA. Jika seseorang tidak dapat tidur dalam, tahap REM pun tidak akan terjadi, ketika bangun merasa lelah. Gejala utamanya mengantuk di siang hari.

Parasomnia

Yaitu setengah tidur, setengah terjaga, biasanya merupakan fenomena gangguan tidur yang tidak umum dan tidak diinginkan yang tampak secara tiba-tiba selama tidur, atau yang terjadi pada ambang antara terjaga dan tidur. Paling sering muncul dalam bentuk mimpi buruk yang ditandai dengan mimpi lama dan menakutkan. Biasanya orang terduduk di tempat tidur dengan ekspresi ketakutan, berteriak dengan keras seperti sedang mengalami teror.

Nocturnal myoclonus

Adalah keadaan di mana terdapat pergerakan periodik dari tungkai ke bawah ketika tidur.

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar