Download Mp3, Trik dan Aneka Artikel

Minggu, 06 September 2009

Tips Atasi Rasa Mual di Pagi Hari ketika Puasa

Apakah anda merasa lambung dan perut anda tidak bersahabat pada pagi hari ketika puasa? Anda mungkin merasa biasa saja ketika makan sahur dan setelah sholat shubuh, tidur kembali adalah pilihan kebanyakan  anda setelah sholat shubuh.

Ketika bangun dan bersiap untuk aktivitas kerja, apakah anda merasakan segar bugar? Sebagian besar anda pasti menjawab tidak. Itu wajar, apalagi di awal-awal ramadhan di mana hormon tubuh tengah beradaptasi dengan perilaku makan yang baru.

Namun jika hal tersebut tidak segera hilang dalam 3 hari pertama, atau selama ramadhan anda tersiksa dengan rasa mual, nek, ingin muntah dan bermacam ketidak-nyamanan akibat lambung, anda perlu merubah cara dan menu sahur. Setidaknya itu yang saya alami, jika anda tidak merasa memiliki pengalaman yang sama, anda tidak harus membaca tulisan ini sampai selesai.

Cukup segelas teh tubruk pahit diakhir menu sahur, demikian nasihat seorang sahabat saya via telepon, suatu siang tatkala saya tengah berharap kepayahan sakit saat itu menjadi penghapus banyak kesalahan saya.

"Silahkan berbuka dengan menu yang manis, tapi tutup menu sahur dengan segelas teh tubruk tanpa gula" Lanjutnya.

Pagi hari pertama saya coba tipsnya, saya hampir bisa melompat dengan bugar ketika bidadari kecil membangunkan saya karena minta diantar ke sekolah TK.

Rasanya pahit mirip jamu ketika saya menyeruput teh tubruk favorit saya meski tanpa gula. Weks.. hampi menyembur keluar lagi jika saja tidak mengingat ketidaknyamannya lambung kelak paginya.

Akhirnya saya hampir bisa menyimpulkan bahwa rasa mual di perut pada pagi hari karena asam lambung yg terlalu banyak keluar ketika perut mencerna makanan menyisakan gas yang berlebih. Aktivitas tidur dalam kondisi kenyang menyebabkan kinerja lambung menjadi maksimal. Lalu bangun kembali ketika lambung masih bekerja menyebabkan ketidak-seimbangan.

Apa hubungannya dengan teh pahit di akhir menu sahur? Kemungkinan besar kandungan teh berhasil menetralisir asam dan mengikat gas dalam lambung. Setidaknya demikian. Masuk akal kan? Apapun, yang penting kini saya bisa berpagi dalam kondisi shaum yang bugar. Anda punya tips lain? Saya akan senang menyimaknya.

Source http://masbadar.wordpress.com

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 komentar:

Posting Komentar